7 Permainan Unik Dunia Seperti Di Indonesia


Ketika kita bermain dengan teman-teman kita sewaktu kecil memanglah sangat menyenangkan, apalagi bermain permainan khas Indonesia yang tak kalah takjub dari permainan teknologi jaman sekarang seperti petak umpet, congklak, dan lain lain.

Mengikuti lomba 17 agustus memang menyenangkan seperti pengalaman terbaik oleh kita, dimana kita bermain panjat pinang yang berusaha untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang berada di atasnya. Tidak cuma Indonesia yang punya permainan seperti itu, negara-negara lain pun juga punya seperti panjat pinang tersebut. Seperti apa? Langsung kita simak saja!

1. Gostra, Panjat Pinang Di Malta

Jika di Indonesia ada panjat pinang maka di Malat ada permainan tradisional bernama Gostra permainan tradisional ini mirip seperti panjat pinang.

Permainan gostra sendiri biasa sering dimainkan ketika hari Minggu terakhir di bulan Agustus para pemuda pemberani akan bersaing mengambil bendera yang ada dipuncak tiang.

Nah permainan Gostra ini sendiriselalu dimainkan untuk penghormatan terhadap St. Joseph dan St. Julian.
Pasti kamu penasaran ya gimana sih permainan Gostra ini ko sampai disebut mirip sebagai panjat pinang?

Jika panjat pinang tiang yang digunakan ditancapkan secara vertikal mala tiang pada permainan gostra ini dipasang secara miring 45 derajat, jika panjat pinang dilakukan dengan memanjat maka gostra dilakukan dengan cara berlari diatas tiang ataupun bergelantungan diatas tiang sampai menuju ujung tiang untuk mengambil bendera yang ditancapkan.

Nah yang paling sama antara gostra dan panjat pinang adalah sama sama diberi pelicin tiangnya jadi yang gak hanti hati akan terpeleset seperti panjat pinang.

Tentunya, acara ini menjadi daya tarik tersendiri di akhir bulan bagi masyarakat Malta dan wisatawan yang sedang berlibur di tempat ini.

2. Bo Taoshi, Panjat Pinang Ekstrim Dari Jepang

Bila di Indonesia ada permainan panjat pinang. Maka di Jepang ada permainan sejenis bernama Bo-Taoshi.
Bedanya, permainan ini lebih ekstrem. Terbagi ke dalam dua tim, yang mana satu timmnya diisi oleh puluhan orang.

Permainan ini dimulai saat satu tim memasang tiang, yang harus mereka pertahankan.

Sementara tim lawan akan bergerak menyerang untuk merebut tiang tersebut.

Proses perebutan inilah yang berlangsung ekstrem. Kedua tim saling sikut dan jotos untuk dapat mengusai tiang.

3. Kabaddi, Olahraga Mirip Godag Sodor

India berhasil meraih medali emas di cabang putra dan putri di babak final.Pada olahraga kabaddi.

Kabaddi adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan secara beregu, dengan mengandalkan kecerdikan dan keuletan tubuh untuk menang. Sepintas mirip dengan permainan gobak sodor di negeri kita, kabaddi sangat populer di Asia Selatan.

Olahraga kabaddi dikembangkan oleh tentara Inggris yang berada di India. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim dengan anggota masing-masing tujuh orang.

Pada pertandingan India melawan Pakistan permainan kedua tim ini berlangsung seru.  Hasil akhir India berhasil menjadi juara meskipun dengan selisih angka tipis yaitu 37 untuk India dan Pakistan 32.

Keberhasilan Kabaddi India juga disusul oleh tim putri. Di babak final, India dengan mudah mengalahkan Thailand. Mereka unggul dengan skor akhir 65 – 38.

4. Hopscotch, Engklek Dari Eropa

Mungkin kita merasa bahwa permainan Sondah/engklek asli permainan tradisional Indonesia tapi Faktanya bukan. permainan ini asli dari Roma.

Permainan ini di roma disebut permainan Hopscotch yang mempunyai arti Hop(melompat atau lompat) dan scotch (garis-garis yang berada di dalam permainan tersebut).
Awalnya di Roma permainan Sondah/Hopscotch ini di gunakan untuk latihan perang para tentara Roma. Biasanya permainan ini dilakukan tentara Roma di daerah Great North Road (Perjalanan untuk penjajahan daerah dari glosgow, Skotlandia ke Inggris).

Arena permainan di buat lebih luas yaitu lebih dari 100 kaki ( 31 Meter) panjangnya. Permainan ini untuk melatih kecepatan, kekuatan dan stamina tentara Roma sambil membawa perlengkapan perang.

5. Mancala, Permainan Congklak


Permainan Tradisional Congklak adalah salahsatu warisan budaya yang sudah sangat kuno.Namun sayang sekali sekarang ini tidak banyak lagi anak Indonesia bermain permainan tradisional congklak. Seiring perkembangan jaman modern, permainan tradisional congklak sudah semakin ditinggalkan.

Permainan congklak menggunakan papan permainan yang memiliki 14 lubang dan 2 lubang induk yang ukurannya lebih besar. Dimainkan oleh 2 orang. Satu lubang induk terletak pada ujung papan dan lubang induk lainnya terletak di ujung lainnya. Di antara kedua lubang induk terdapat 2 baris yang tiap barisnya berisi 7 lubang yang jumlahnya 14 lubang.

Tiap lubang kecil diisi dengan 7 biji yang biasanya terbuat dari kerang atau plastik. Kecuali lubang induk yang dibiarkan kosong. Setelah menentukan siapa yang akan mulai lebih dulu, maka permainan dimulai dengan memilih salah satu lubang dan menyebarkan biji yang ada di lubang tersebut ke tiap lubang lainnya searah jarum jam.

6. Agawan Base, Permainan Benteng Dari Filipina

Bentengan merupakan salah satu jenis permainan tradisional Indonesia. Bentengan adalah permainan yang sangat seru dan menantang. Di Filipina, permainan ini juga dimainkan dengan nama Agawan Base. Orang Inggris pun juga memainkan permainan ini.

Permainan ini berasal dari Jawa Barat. Disana, permainan ini disebut "Rerebonan". Sejak itu permainan ini mulai berkembang menuju wilayah-wilayah lainnya. Di beberapa wilayah, permainan ini disebut priprisan, omer, dan jek-jekan. Walaupun namanya berbeda, peraturan dan cara memainkannya tetap sama.

Permainan ini terdiri dari dua regu atau kelompok. Masing-masing kelompok mempunyai sebuah benteng. Benteng bisa berupa gawang, kursi, tiang, atau benda-benda lainnya.

7. Foot-Volleyball Yang Mirip Sepak Takraw Dari Brazil


Foot Volley sangat besar di Amerika Selatan, terutama Brasil, yang masuk akal mengingat pantai yang indah yang ditawarkan. Foot Volley hanya voli pantai dimainkan tanpa menggunakan tangan. Sama seperti voli pantai, bersih jauh lebih tinggi daripada di sepaktakraw yang berarti paku besar tidak seperti biasa sebagai tajuk pintar atau baik ditempatkan tendangan tunggal.

Jika Anda pernah melihat sepaktakraw Brasil bermain tim, Anda akan melihat bahwa mereka bermain sepaktakraw dengan berbeda Foot Volley bakat - banyak header dan menjatuhkan bola dengan dadanya bola! Selain foot volley, ada juga permainan seperti sepak takraw yaitu Foot Shuttlecock, Jokgu dan Footbag net

1 comment

Home