Fakta Menarik Tentang Helium


Helium adalah unsur kimia berwujud gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa (pada suhu kamar). Helium termasuk dalam kelompok gas mulia yang memiliki jari-jari atom terkecil dan mempunyai berat atom kedua terendah. Hal inilah yang menyebabkan helium lebih ringan dari udara dan helium merupakan unsur umum kedua di alam semesta ini.

Biasanya helium kita temukan pada balon, dalam balon tersebut terdapat helium yang membuat balon tersebut melayang dan mengambang di atas udara dikarenakan helium adalah zat ringan.

1. Mengapa Helium Dapat Membuat Suara Cempreng?


Kita sering melihat orang sedang menghirup helium dan mengeluarkan suara cempreng seperti bebek donald,
Namun faktor lainnnya adalah gas yang kita hirup , biasanya campuran oksigen dan nitrogen. Jadi cara kita bersuara ditentukan oleh sejumlah faktor : ukuran, bentuk laring kita, trakea, mulut, dan hidung, panjang pita suara kita, dan kepadatan gas yang kita hirup. Helium memiliki seper-tujuh densitas/kepadatan udara. Jadi suara berjalan lebih cepat melalui helium daripada saat dilakukan melalui udara biasa. Faktanya, suara bergerak sekitar 1.100 meter per detik melalui udara tetapi bergerak sekitar 3.000 meter per detik melalui helium.

Tingkat getaran pita suara tidak tergantung pada jenis gas yang mengelilingi mereka. Helium tidak membuat pita suara lebih panjang atau lebih pendek,  helium juga tidak mengubah ketegangan atau peregangan pita suara. Hal tersebut adalah helium kurang padat, yang berfungsi sebagai media untuk gelombang suara, mengalir melalui laring kemudian menghasilkan efek suara Donald Bebek. perubahan frekuensi resonansi dari saluran vokal , menyebabkan getaran lebih cepat dan pitch yang lebih tinggi.

2. Apa Itu Helium?


Pada suhu kamar helium adalah tidak berbau, tidak berasa, dan merupakan gas yang tidak berwarna. Memiliki didih dan titik leleh yang sangat rendah, yang berarti bahwa helium umumnya ditemukan dalam fase gas kecuali di bawah kondisi yang paling ekstrim. Helium adalah satu-satunya elemen yang tidak padat di bawah tekanan biasa dan tetap cair bahkan pada titik nol.Helium merupakan salah satu gas inert atau mulia. berarti bahwa kulit luarnya yang penuh dengan elektron. Hal ini membuatnya sangat tidak reaktif dan tidak mudah terbakar.

Helium cukup langka di Bumi. terdapat sangat sedikit di atmosfer bumi karena sangat ringan yang akhirnya lolos ke luar angkasa.

Para ilmuwan percaya bahwa sebagian besar helium yang berada di alam semesta diciptakan pada pembentukan alam semesta. Namun, helium baru dibuat di pusat bintang dan juga sebagai bagian dari peluruhan radioaktif di Bumi. Helium dari peluruhan radioaktif dapat ditemukan di bawah tanah terperangkap dalam penampungan gas alam.

3. Kegunaan Helium

Helium digunakan sebagai gas vektor dalam kromatografi. Helium juga digunakan untuk mendeteksi kebocoran. Karena difusinya yang sangat cepat, helim sangat ideal untuk mendeteksi kebocoran mikro.

Campuran Helium-Argon digunakan sebagai gas pelindung untuk pengelasan baja ringan yang tebal. Karena konduktifitas termalnya yang sangat tinggi, helium digunakan sebagai pendingin untuk:  pendinginan batang uranium pada reaktor nuklir pendinginan cetakan di pabrik kaset gas atmosfir untuk dapur heat treatment Helium digunakan sebagai gas pernafasan dalam campurannya dengan:  oksigen untuk penyelaman dangkal (kurang dari 100 meter) oksigen berkonsentrasi rendah (kira-kira 4%) untuk penyelamanan di bawah 100 meter 20% kandungan oksigen untuk pasien-pasien yang terkena sakit pernapasan.

Helium merupakan gas yang aman untuk mengisi balon mainan, balon iklan, balon meteorologi, dan sebagainya.

4. Bahaya Helium




Difusinya yang sangat cepat, maka dari itu helium sangat ideal untuk mendeteksi kebocoran mikro. Kemudian selain itu, karena helium memiliki konduktifitas termal yang tinggi, helium digunakan sebagai pendingin batang uranium pada reaktor nuklir, gas atmosfir untuk dapur heat treatment, pendingin cetakan di pabrik kaset, serta digunakan sebagai gas pernafasan yang disertai dengan campuran oksigen sesuai dengan persentasenya. 

Sedangkan bahaya dari Helium adalah dapat menimbulkan sesak nafas bila helium telah menggantikan kadar oksigen yang ada di udara. Kemudian jika helium terhirup langsung dari tabung yang bertekanan tinggi dapat memecahkan jaringan paru-paru. Maka dari itu, meskipun sifatnya tidak beracun, tetapi alangkah baiknya hati-hati ya dengan gas yang satu ini. Selain menambah ilmu pengetahuan Satu lagi nih yang perlu kamu ketahui efek dari menghirup helium meskipun hanya sedikit, pendengaran pada telinga kamu secara perlahan kualitasnya akan berubah menjadi frekuensi yang menurun.

referensi:
https://lampukecil.com/2014/03/20/mengapa-menghirup-helium-bikin-suara-kita-cempreng/
http://budisma.net/2015/02/pengertian-ciri-dan-sifat-helium.html
http://www.kaskus.co.id/thread/528f745f1f0bc33d0e000001/inilah-sebenarnya-kegunaan-dan-bahaya-dari-helium/
http://www.kenapasih.com/manfaat-dan-bahaya-dari-helium/

No comments

Post a Comment

Home