6 Desa Unik Di Dunia



Desa, atau udik, menurut definisi "universal", adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural). Di Indonesia, istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan, yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sebuah desa merupakan kumpulan dari beberapa unit pemukiman kecil yang disebut kampung (Banten, Jawa Barat) atau dusun (Yogyakarta) atau banjar (Bali) atau jorong (Sumatera Barat). Kepala Desa dapat disebut dengan nama lain misalnya Kepala Kampung atau Petinggi di Kalimantan Timur, Klèbun di Madura, Pambakal di Kalimantan Selatan, dan Kuwu di Cirebon, Hukum Tua di Sulawesi Utara. Tetapi tidak dengan desa-desa ini yang mempunyai keanehan dan keunikan yang tertera didalam desa tersebut! Langsung kita simak artikel ini..

1. Desa Kobra - Khon Khaen, Thailand

Desa Kobra, Penduduk & Ular Hidup Damai Berdampingan

Desa ini bernama Ban Kok Sa-Nga yang terletak di Provinsi Khon Kaen, sebelah timur laut Thailand. Di kalangan wisatawan, desa ini lebih dikenal dengan nama Desa Kobra.

Sekira 140 rumah di desa ini setidaknya memiliki satu ular peliharaan, yang mereka kandangkan di luar rumah, di dalam boks kayu. Ularnya beragam, mulai dari yang berbisa, seperti King Kobra, hingga yang sedikit tidak berbahaya, seperti piton.

Atmosfir di desa ini juga selalu meriah, seperti sebuah atraksi pertunjukan ular yang besar. Ular-ular ini dibesarkan dalam kurungan dan dijadikan bintang dalam pertunjukan yang cukup menegangkan, seperti pertunjukan tinju antara manusia dengan ular.

Yang membuat wisatawan ngeri sekaligus takjub saat berkunjung ke desa ini mungkin bukanlah pertunjukan ularnya, melainkan bagaimana penduduk desa begitu akrab dengan hewan berbahaya. Bahkan, anak-anak sudah biasa memegang ular karena sejak kecil dilatih menangani ular, memberi makan, dan melawannya bila diserang.

2. Desa Penyihir - Ghana


Hidup dalam kondisi melarat dan bekerja sebagai tenaga kerja kasar, ratusan perempuan di Ghana dipaksa hidup di pengasingan. Mereka tidak diterima di kalangan warga, karena mereka dianggap sebagai penyihir.

Perempuan-perempuan di bagian utara Ghana itu, dipisahkan dari komunitas warga dan diabaikan oleh keluarganya sendiri. Mereka menghabiskan waktunya di "kamp penyihir" dan dikecam habis-habisan oleh warga. Pengasingan itu menjadi bagian dari hukum adat setempat, bagi seluruh warga yang dituduh mempraktikkan ilmu sihir.

Tuduhan-tuduhan itu dilayangkan oleh keluarga atau tetangga ratusan perempuan tersebut. Ketika mereka sudah terkena tuduhan, mereka akan dihilangkankan dari desanya. Terkadang, mereka juga menjadi sasaran amukan warga.

Para perempuan muda umumnya hidup di kamp sebagai seorang pembantu. Meski demikian, tak jarang pula mereka merasakan diskriminasi. Mereka pun hidup di bawah penindasan di kamp pengasingan itu.

Nasib perempuan itu tidak ditentukan oleh kepala desa, melainkan oleh "ayam." Bila seekor ayam yang dipotong mati dengan kakinya yang terangkat ke udara, seorang perempuan langsung dinyatakan sebagai "penyihir." Namun bila kaki ayam itu tersungkur ke tanah, perempuan itu dinyatakan tidak bersalah. Demikian, seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (23/10/2012).

3. Desa Tanpa Malam - Lapland, Finlandia


Lapland adalah sebuah provinsi di Finlandia yang memiliki luas wilayah 98.946 km dan populasi 187.777 jiwa (2002). Ibu kotanya ialah Rovaniemi. Provinsi ini memiliki fenomena unik yang indah dipandang, yaitu matahari di tengah malam.

Karena lokasinya yang berada di lingkar kutub, selama dua puluh empat jam dalam dua bulan setiap tahun provinsi ini disinari matahari sepanjang hari tanpa henti. Fenomena ini disebut midnight sun atau matahari tengah malam.

Fenomena ini terjadi setiap bulan Juni dan Juli. Wisatawan yang mengunjungi Lapland dapat melihat cahaya unik dari matahari tengah malam, yang tidak memberi batas antara siang dan malam di sini, demikian seperti dikutip dari CNN, . Hal ini memungkinkan pelancong untuk mendaki gunung Lapland di malam hari atau bahkan melakukan olahraga golf selama 24 jam.

Salah satu tempat favorit wisatawan untuk wisata golf di Lapland adalah Bjorkliden GC, lapangan golf yang terletak paling utara provinsi ini. Letaknya berbatasan dengan pegunungan perbatasan Swedia dan Finlandia serta Danau Tornestrask.

4. Desa Kanker - Henan, Cina

Akibat Limbah, China Punya Ratusan "Desa Kanker"
Disebut desa kanker karena sebagian besar penduduk di desa tersebut mengidap penyakit kanker yang disebabkan pencemaran lingkungan yang sangat parah. Desa kanker itu tersebar di 27 daerah yang kebanyakan terletak di bagian tengah Provinsi Henan dan timur Provinsi Jiangsu.

Jika merujuk kepada hasil temuan peta tersebut, maka jumlah desa kanker pada tahun ini telah meningkat pesat. Seorang aktivis sosial, Deng Fei beberapa tahun lalu juga mempublikasikan peta serupa, di mana jumlah desa kanker masih berkisar 100 desa.

Jenis kanker yang diderita oleh penduduk desa ini kebanyakan kanker paru-paru dan esofagus. Hal ini diperkuat oleh laporan yang dikutip laman People's Daily, Senin 25 Februari 2013 yang menyebut lebih dari 20 warga desa Yangqiao di kota Yancheng menderita dua jenis kanker tersebut sejak tahun 2001 hingga 2004.

Sementara di desa Dongjin yang berlokasi di kota yang sama, hampir 100 warga desa dilaporkan meninggal akibat kanker sejak tahun 2001 hingga 2006. Hal serupa juga terjadi di sebuah desa di Henan, 79 warganya juga meninggal akibat kanker.

5.  Desa Berpenduduk 1 Orang - Nebraska, AS

Monowi adalah sebuah desa di Nebraska, Amerika Serikat, yang hanya penduduk 1 orang saja, yaitu seorang wanita berusia 77 tahun bernama Elsie Eiler.

Eiler tinggal di rumah berjalan (mobile home) berukuran setengah blok, dan rumahnya itu adalah rumah satu-satunya yang tersisa di Monowi. Di rumah nya yang terbuat dari kayu itu, ia menjalankan usaha kedai. Selain itu, ia juga menjalankan perpustakaan desa, sebuah bangunan kecil penuh sesak dengan 5.000 buku yang ditinggalkan oleh almarhum suaminya yang adalah seorang pembaca setia.

Ohya, Elise juga merangkap sebagai kepala desa (mayor) Monowi, dan dia juga sebagai penduduknya!!!

Monowi memang tidak pernah memiliki penduduk banyak. Puncak kepadatan penduduk Monowi pernah terjadi pada tahun 1930-an, di mana desa tersebut memiliki populasi 130 jiwa.

6. Desa Terdingin Di Dunia - Rusia

Desa Oymyakon di wilayah Yakutia, Rusia Timur Jauh terkenal sebagai desa terdingin di dunia. Bagaimana tidak, suhu desa itu di bulan Januari rata-rata adalah -50 derajat Celcius.

Bahkan, pernah tercatat suhu di desa ini anjlok hingga -71 derajat Celcius. Suhu ini adalah suhu terdingin untuk sebuah permukiman manusia di Bumi.

Desa yang kini berpenduduk 500 orang itu, pada 1920-an hingga 1930-an hanyalah sebuah tempat perhentian kecil para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum ternaknya di sebuah sumber air panas.

Namun, pemerintah Uni Soviet pada saat itu membuat suku-suku nomaden ini menetap agar mereka bisa diawasi dengan mudah serta bisa berkembang budaya dan teknologinya.
Source :
http://lifestyle.okezone.com/read/2012/12/17/409/733427/desa-kobra-penduduk-ular-hidup-damai-berdampingan
http://news.okezone.com/read/2012/10/23/414/708200/dituduh-penyihir-ratusan-perempuan-diasingkan
http://risayuliani.blogspot.com/lapland-desa-tanpa-waktu-malam
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/393085-akibat-limbah--china-punya-ratusan--desa-kanker-
http://forum.detik.com/monowi-desa-tersepi-di-dunia-berpenduduk-hanya-1-orang-t538580.html

7 comments

Home