23 Maret, Indonesia Sambut Gerhana Bulan Penumbra


Baru-baru ini kita dihebohkan gerhana matahari total di beberapa daerah Indonesia, gerhana tersebut menjadi trending topik internasional karena gerhana tersebut sangat langka kejadiannya. Dan hari ini 26 Maret 2016 akan didatangi pula gerhana bulan penumbra di seluruh daerah Indonesia.

Euforia gerhana matahari total boleh usai, kali ini warga Indonesia akan disambut oleh fenomena alam lain berupa gerhana bulan penumbra.

Stasiun Meteorologi Klas I Juanda dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengumumkan bahwa pada tanggal 23 Maret malam hari, akan terjadi gerhana penumbra di Indonesia.

Diketahui gerhana bulan penumbra memiliki arti bahwa pada saat gerhana, seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra karena terhalang cahaya Matahari oleh Bumi. Artinya, Bulan masih dapat terlihat dengan warna suram atau gelap.

"Gerhana bulan penumbra kali ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah gerhana matahari total," tutur Prakirawan BMKG Taufik Hermawan, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Ia melanjutkan, 'masyarakat bisa menyaksikan fenomena ini jika diamati secara rinci dengan kondisi cuaca yang betul-betul cerah."

referensi :
http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160323083253-199-119194/23-maret-indonesia-sambut-gerhana-bulan-penumbra/

No comments

Post a Comment

Home